Berita
22
Apr
2013

Partai Hanura Menyerahkan 560 Nama DCS Ke KPU Dari Total 1656 Pendaftar

Partai Hanura telah menyampaikan Daftar Calon Sementara (DCS) Bakal Calon Legislatif DPR-RI ke KPU pada hari Minggu, 21 April 2013.

Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto menjelaskan bahwa terdapat animo yang luar biasa untuk jadi Caleg Partai Hanura. Dari total 1656 pendaftar yang terjaring, kini telah mengerucut menjadi 560 nama yang diserahkan kepada KPU pusat. Dari 560 nama tersebut, pria berjumlah 361 dan perempuan sebanyak 199, atau 36% dari total Bacaleg. Tentunya hal ini lebih banyak dari kewajiban yang diberikan oleh pemerintah sebanyak 30% Bacaleg perempuan.

Selanjutnya, Wiranto juga menyebutkan bahwa yang menjadi bahan pertimbangan utama untuk memilih Bacaleg adalah dari sisi kompetensi, integritas, dan moralitas. “Saya merasa bersyukur secara kuantitas dan kualitas, nama-nama yang mendaftar mengalami peningkatan dari Pemilu 2009 yang lalu.” Dari segi usia, 50% Bacaleg berusia antara 40-50 tahun, sedangkan dari segi pendidikan, hanya 10% yang tamatan SLTA, sisanya memiliki gelar D3, S1, S2 dan S3. Mayoritas adalah lulusan S1 yang berjumlah 48%.

Saat ditanya tentang sejumlah nama yang dicoret dari daftar, Wiranto menjelaskan bahwa Partai Hanura sangat serius dalam menyiapkan sejumlah nama di dalam DCS sehingga menyingkirkan mereka yang mendaftar karena iseng, malas-malasan atau memiliki citra buruk di masyarakat.

“Kami memiliki target menjadi partai 3 besar pada Pemilu 2014. Hal ini bukan omong kosong belaka, namun berdasarkan dari perhitungan melalui hasil evaluasi, survey dan lain-lain,” ungkap Wiranto ketika ditanya tentang target Partai Hanura pada Pemilu mendatang.

Pada acara tersebut, Ketua Umum Partai Hanura juga didampingi oleh Sekjen Partai Hanura, Dossy Iskandar Prasetyo, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Hanura, Harry Tanoesoedibjo, serta sejumlah pengurus pusat Partai Hanura dan juga perwakilan dari organisasi sayap Partai Hanura, seperti Pemuda Hanura dan Sapma Hanura.

Sementara itu, Ketua Bappilu Partai Hanura, Yuddy Chrisnandi yang juga hadir pada acara tersebut mengatakan bahwa DCS sudah menghimpun semua potensi yang bersinergi termasuk didalamnya kader internal Partai Hanura, 10 partai yang bergabung, dan dari Perindo yang direkomendasikan oleh Pak Harry Tanoe. Yuddy juga menyebutkan sejumlah mantan aktivis 98 dan purnawirawan TNI telah masuk dalam DCS Bacaleg Partai Hanura, bersama dengan tokoh-tokoh masyarakat seperti Yusuf Supendi dan Lily Wahid. ’’Dari kalangan artis hanya 3 orang,” lanjut Yuddy. Setelah DCS diserahkan, selanjutnya Partai Hanura akan menggelar sejumlah pelatihan untuk para Caleg agar mengerti tentang cara berkampanye, dan mendekatkan diri serta Partai Hanura kepada masyarakat di dapilnya.

Tag: pemilu legislatif 2014, hanura, kpu, caleg

Copyright © 2012 Partai Hanura - All Rights Reserved