Berita
5
May
2013

Deklarasi 10.000 Buruh Subang Bergabung Dalam Srikandi Hanura

Sebanyak 10.000 buruh perempuan yang tergabung dalam Serikat Buruh Seluruh Indonesia Garmen & Tekstil (SBSI GarTeks) pada hari Minggu, 5 Mei 2013 resmi bergabung dengan Srikandi Hanura. Sejumlah buruh perempuan tampak antusias dan penuh semangat mengikuti acara yang bertempat di lapangan sepakbola Bermar, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang.

Pembacaan deklarasi dipimpin oleh salah seorang perwakilan buruh dan diikuti oleh ribuan buruh yang berkumpul di tengah lapangan. Kemudian secara simbolis dilakukan pemakaian seragam Srikandi Hanura kepada perwakilan buruh se-Kabupaten Subang oleh Meriam Bellina, Ginna Rachman, Euis Maya, Dini Vitri dan Nelly Mahlina.

Puncak acara adalah penandatanganan MoU bergabungnya buruh perempuan SBSI GarTeks Subang oleh ketua SBSI Subang, Suherman dan Ketua Umum Srikandi Hanura, Miryam S Haryani, dengan disaksikan oleh Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, Dewan Penasehat Srikandi Hanura, Daisy Hartikti, serta Ketua Bidang Hukum Srikandi Hanura, Sony Chairiyah.

Ketua umum Srikandi Hanura, Miryam S Haryani, mengungkapkan bahwa bergabungnya 10.000 buruh perempuan ke dalam Srikandi Hanura menunjukkan simpati masyarakat yang besar terhadap Partai Hanura, sebagai partai yang terbukti bersih dan dicintai masyarakat.

"Dengan bergabungnya buruh perempuan ke dalam Srikandi Hanura, kami berharap dapat bergandengan tangan untuk mengubah UU No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan," ujar Miryam dalam sambutannya.

Lebih jauhnya Miryam mengungkapkan bahwa ada 3 poin penting yang menjadi perjuangan Partai Hanura menyangkut persoalan buruh. Pertama adalah diberikannya hak cuti hamil bagi buruh perempuan, kedua adalah diberikannya upah layak sesuai UMR kabupaten/provinsi, dan yang ketiga adalah memastikan pengusaha untuk mentaati putusan MK yang telah membatalkan sistem outsourcing. "Kami akan mendesak melalui Fraksi Hanura di DPR RI agar undang undang tersebut selesai di tahun ini," jelas miryam dengan semangat.

Senada dengan Miryam, Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto mengungkapkan bahwa kesejahteraan buruh adalah salah satu kunci kemakmuran masyarakat, "Dari rakyat Indonesia yang jumlahnya ratusan juta, mayoritas berprofesi sebagai buruh. Maka dari itu, jika ingin Indonesia makmur, maka buruh juga harus bahagia dan makmur."

Sebelum mengakhiri acara deklarasi tersebut, Wiranto menjelaskan bahwa, "Partai Hanura memiliki moto tak kan khianat hidup mati untuk rakyat, jadi Insya Allah jika Partai Hanura menang, maka kami siap memperjuangkan nasib rakyat, terutama buruh."

Tag: hanura, buruh

Copyright © 2012 Partai Hanura - All Rights Reserved